X
L
ADING

WARALABA DI KAB. PANDEGLANG SIAP-SIAP DITERTIBKAN

By :DPMPTSP Kab. Pandeglang 26 Rabu, 18 Sep 2019

Pandeglang, (18/9-19). Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu melakukan rapat satgas pengawasan terkait waralaba yang tersebar di Kabupaten Pandeglang. Acara yang dilaksanakan di ruang rapat DPMPTSP ini di pimpin oleh Hj. Ida Novaida (Kepala DPMPTSP) dan dihadiri oleh beberapa OPD yang tergabung dalam satgas pengawasan, diantaranya Kepala Disperindag (Andi Kusnardi), serta beberapa perwKilan OPD lainnya.

 

Rapat satgas kali ini mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang (perda) no. 04 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan waralaba, pusat perbelanjaan, dan toko modern yang mana penyebarannya cukup pesat, sehingga butuh penataan ulang serta penertiban yang mana banyaknya pelaku usaha yang belum memperpanjang masa berlaku izin usahanya. Andi Kusnardi (kadiaperindag) mengatakan bahwa dalam penataan waralaba ini sebaiknya kita lihat beberapa poin, baik dari sisi baik, buruk serta dampaknya apabila dilakukan penertiban.

 

Dari beberapa kenyatan yang terlihat dilapangan bahwa banyaknya tata letak waralaba yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku, misalnya jarak yang dekat dengan pasar tradisional, tidak adanya lahan parkir, dan banyaknya waralaba yang tidak melakukan perpanjangan izin usahanya. Lebih tegas lagi Kadisperindag mengatakan bahwa dalam hal penataan ini sebaiknya untuk sementara waktu waralaba yang lama agar tidak diberikan perpanjangan izin atau di kaji dahulu bagaimana status bangunan atau lahan yang digunakannya. Dan langkah awal sebaiknya kita mengundang para pemilik atau pelaku usaha waralaba untuk duduk bersama mencari solusi tersebut.

 

Dalam keaempatan Rapat Satgas ini pula Hj. Ida Novaida selaku Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang dalam hal ini adalah pejabat yang memiliki wewenang penuh terhadap izin-izin yang ada di Kabupaten Pandeglang memberikan solusi dan meminta untuk menyepakati hasil rapat yang dilaksanakan siang tadi, diantaranya bagi waralaba lama optimalisasi dengan ketentuan agar waralaba tersebut menjual produk lokal(umkm) dan memberikan CSR bagi masyarakat sekitar, tidak adanya perpanjangan izin jika melanggar hingga penertiban/penutupan sementara. Bagi waralaba baru hanya diberikan izin di Kecamatan-kecamatan yang masih kurang dari 4(empat) waralaba, serta membuat telaahan staf untuk Revisi Perda No. 04/2017. Sehingga dengan adanya penataan waralaba ini akan membwrikan dampak yang positif bagi pemerataan ekonomi rakyat di Kabupaten Pandeglang. (g) 

Share:
DPMPTSP Kab. Pandeglang
Email : dpmptsp@pandeglangkab.go.id

Website Resmi DPMPTSP Kabupaten Pandeglang, Semoga dengan Hadirnya Website Ini Bisa Memberikan Kontribusi Positif terhadap Perkembangan yang ada di Kabupaten Pandeglang dalam menghadapi era Digitals