X
L
ADING

DPMPTSP SIMULASI SISTEM BACK-END TIM TEKNIS PADA PROSES PERIZINAN

By :DPMPTSP Kab. Pandeglang 165 Kamis, 13 Feb 2020

Pandeglang,13/02. Sebagai langkah awal peningkatan pelayanan tanpa tatap muka dengan pemohon di Mal Pelayanan Publik yang akan di Launching bulan Juni 2020 mendatang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu melakukan simulasi sistem back-end tim teknis di aplikasi Sicantikcloud pada proses perizinan di Kabupaten Pandeglang dengan tujuan menyamakan persepsi dalam penerbita Rekomendasi teknis, memberikan kemudahan proses pemberian rekomendasi, serta persiapan MPP.

 

sebanyak 76 izin yang sudah dilimpahkan dan menjadi kewenangan DPMPTSP, baru 41 izin yang sudah masuk kedalam aplikasi Sicantikcloud dan ada beberapa izin yang memerlukan Rekomendasi Teknis dalam proses perizinannya sehingga dibutuhkan sistem back-end. Tim Teknis yang hadir sebanyak 45 orang terdiri 13 OPD yang memliki kewenangan mengeluarkan Rekomtek izin diberikan hak akses untuk mengelola rekomtek kedalam aplikasi sicantikcloud sebagai langkah menghindarinya tatap muka dengan pemohon.

 

Hadir pula Kepala Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (DISKOMSANTIK) yang menyampaikan bahwa izin yang dikeluarkan itu tidak lagi berupa izin dengan tandatangan basah tetapi menggunakan tandatangan elektronik (tte). "nanti ketika izin-izin ini dikelola oleh MPP, tidak ada lagi tandatangan basah, tapi menggunakan TTE. Jadi Kepala DPMPTSP bisa memproses tandatangan izin dimana saja. Insya allah bulan April kita sudah coba terapkan sistem TTE ini". ujarnya.

 

Selain memberikan simulasi back-end, Sekretaris DPMPTSP menyampaikan bahwa Tim Teknis ini selain bertujuan memberikan rekomendasi teknis atas izin yang diajukan pemohon juga berkewajiban melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan usaha dari izinyang diterbitkan. "Karena selain sebagai tim teknis, juga sebagai tim layanan pengaduan perizinan. Jadi tim teknis ini berkewajiban melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan yang dilakukan berdasarkan izin yang diterbitkan". tandasnya.

 

Sebagai tindaklanjut atas perberlakuan sistem back-end ini para OPD yang tergabung dalam Tim Teknis diwajibkan untuk memahami tahapan dan alur proses back-end pada aplikasi sicantikcloud. Dan kedepannya nanti admin Sicantikcloud DPMPTSP (admin user) akan berkoordinasi lebih lanjut ke masing-masing OPD teknis.(ptsp)

Share:
DPMPTSP Kab. Pandeglang
Email : dpmptsp@pandeglangkab.go.id

Website Resmi DPMPTSP Kabupaten Pandeglang, Semoga dengan Hadirnya Website Ini Bisa Memberikan Kontribusi Positif terhadap Perkembangan yang ada di Kabupaten Pandeglang dalam menghadapi era Digitals