X
L
ADING

Asisten Deputi Kemenpan RB Bidang Pelayanan Publik Review Pembentukan MPP Pandeglang

By :DPMPTSP Kab. Pandeglang 327 Selasa, 28 Jan 2020

Pendopo(28/01).Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui Asisten Deputi Pelayanan Publik, Noviana Andrina hari ini mengunjungi Kabupaten Pandeglang guna mengevaluasi dan mendorong Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk percepat dalam pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Pandeglang.

Pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang merupakan Program Strategi Daerah Kabupaten Pandeglang adalah wujud keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik. Ia menilai, Pemkab Pandeglang serius melaksanakan pelayanan publiknya. Terbukti dengan waktu beberapa bulan progres MPP cukup pesat perkembangannya.

Kepala DPMPTSP Pandeglang, Hj. Ida Novaida yang dipercayakan menjadi leader dalam pembentukan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang menjelaskan bahwa pembentukan MPP ini telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dengan 31 rencana aksi, dan pada tahun 2020 ini merupakan finalisasi dari pembentukan MPP ini dengan 18 rencana aksi yang akan dilaksanakan. "dari renaksi yang telah kami lakukan di tahun 2019, telah teridentifikasi layanan yang nanti akan ada di MPP sebanyak 173 layanan dengan 57 pegawai dengan calon instansi yang akan bergabung sebanyak 21 counter yang terdiri dari 7 OPD, DPMPTSP Provinsi, 13 Lembaga Kementerian. Dan tahun ini kita akan melanjutkan 18 renaksi yang masih tersisa untuk mewujudkan terbentuknya Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang antara lain Audiensi dengan Deputi, Penandatanganan MuO dengan Kemenpan RB serta Pendampingan dari persiapan hingga nanti insya allah akan kita launching pada bulan juni 2020 ini".tandasnya. 

Sebelum dilaunching pada bulan Juni 2020 mendatang Ibu Asisten Deputi mendorong agar counter-counter layanan dan sistem teknologi yang akan digunakan di dalam MPP agar segera terpasang disertai fasilitas lainnya yang menjadi penunjang bagi kenyamanan para masyarakat yang akan menggunakan layanan publik di MPP tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kabupaten Pandeglang yang dalam waktu beberapa bulan sudah berlari dalam mempersiapkan pembentukan Mal Pelayanan Publik di Pandeglang ini, dan saya selaku wakil dari Kemenpan RB sangat mendukung sekali sehingga kami akan terus mendampingi karena Ini akan berkembang terus dan mungkin akan banyak yang bergabung karena pada prinsipnya MPP ini pengintegrasian instansi dan lembaga BUMN, BUMD serta swasta. Kemudian hal lain juga bisa masuk mungkin ikatan notaris, travel atau layanan lain yang masyarakat butuhkan dan masyarakat bisa mendapatkan layanan itu,” kata Noviana dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyampaikan, seperti yang disampaikan oleh Kadis DPMPTSP bahwa saat ini persiapan pembentukan Mal Pelayanan Publik sudah mencapai 95 persen dan telah terindetifikasi 173 layanan yang akan bergabung di dalam MPP. Ia berharap MPP ini bisa terlaksana di akhir tahun 2020 ini.

“Kami ingin sifatnya birokrasi dalam pelayanan publik tidak terlalu panjang dan tidak ada lagi yang sifatnya pungli dan sebagainya, maka dengan terbentuknya MPP di Pandeglang saya berharap masyarakat dalam menerima layanan publik lebih mudah supaya jangan sampai mereka mempunyai citra buruk terhadap kami, sehingga kami memiliki terobosan  yang disetujui oleh Kemenpan RB untuk menyediakan satu tempat yang bisa melayani kebutuhan masyarakat yang sinergi, profesional, satu pintu” ucap Irna.(ptsp/mpp)

Share:
DPMPTSP Kab. Pandeglang
Email : dpmptsp@pandeglangkab.go.id

Website Resmi DPMPTSP Kabupaten Pandeglang, Semoga dengan Hadirnya Website Ini Bisa Memberikan Kontribusi Positif terhadap Perkembangan yang ada di Kabupaten Pandeglang dalam menghadapi era Digitals